SATUAN BEBAS PELANGGARAN, PROFESIONAL, BERTAQWA DAN BERPRESTASI

Senin, 31 Oktober 2011

TRADISI SATUAN YONIF 408/SUHBRASTHA

Pada hari Kamis, 9 Septembar 2011 bertempat di Gunung Banyak Kecamatan Gesi telah dilaksanakan acara Tradisi Yonif 408/Suhbrastha. Danyonif 408/Suhbrastha Mayor INF Edi Saputra memimpin jalannya upacara pengukuhan warga baru di Gunung Banyak Gesi Kabupaten Sragen tepat pukul 00.00 WIB.
Tradisi satuan ini diikuti oleh Perwira, Bintara dan Tamtama baru Yonif 408/Suhbrastha. Acara tersebut meliputi pemasangan lokasi Yonif 408/Suhbrastha, pernyataan resmi menjadi warga Yonif 408/Suhbrastha, pembacaan ikrar prajurit Suhbrastha, pembacaan Pesan Prajurit Suhbrastha dan diteruskan makan tiwul dan minum air kelapa oleh warga baru. Pukul 00.45 WIB setelah upacara selesai anggota baru dibawa ketempat start untuk melaksanakan lari-jalan. Dari Gunung banyak sampai Mako Yonif 408/Suhbrastha dibagi 4 etape. Masing-masing etape dikawal oleh organik kompi Yonif 408/Sbh mulai dari KIPAN-A, KIPAN-C, KIBANT dan KIMA sampai masuk kesatuan Yonif 408/Sbh. Setelah melaksanakan acara peresmian sebagai warga baru, kemudian dilanjutkan acara penyambutan warga baru bertempat dipintu gerbang Yonif 408/Sbh.
Dalam upacara penyambutan warga baru ini dilaksanakan penyiraman bunga setaman oleh pimpinan acara dan ketua persit cabang LXI Yonif 408/Suhbrastha. Selanjutnya warga baru berturut-turut berjalan jongkok memasuki pintu gerbang Yonif 408/SBH sambil menerima penyiraman air bunga setaman oleh pejabat teras dan para perwira serta anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang LXI. Setelah selesai, menerima peyiraman air bunga setaman seluruh warga baru berjalan menuju Tunggul Batalyon Inf 408/Sbh untuk melaksanakan penciuman tunggul secara bergantian. Kemudian setelah selesai penciuman tunggul anggota baru berjalan menuju tempat upacara pembaretan. Acara selesai ditandai dengan seluruh prajurit makan bubur ayam.
Tradisi satuan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kesetiaan, kecintaan dan kebanggaan seluruh prajurit terhadap satuan Yonif 408/SBH. Sehingga timbul rasa ikut handar beni dan hangrung kebi terhadap satuan.
Dalam amanatnya Danyonif 408/Sbh menyatakan kebanggaannya atas nilai-nilai yang terkandung dalam acara tradisi satuan tersebut. Beliau berpesan bahwa acara tradisi seperti ini tidak kemudian dijadikan sebagai ajang untuk melegalkan kekerasan dalam mendidik kualitas mental prajurit. Esensi dari acara ini adalah bahwa setiap prajurit Batalyon Infanteri 408/Suhbrastha agar dapat memahami dan memiliki kebanggaan terhadap satuannya untuk kemudian mampu mengemban amanat yang lebih besar dan berat di depan. Selain pesan moril yang beliau sampaikan dalam rangka mencapai tujuan yang dimaksud agar tidak melupakan faktor keamanan selama tradisi berlangsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...